Wednesday, June 15, 2011

Jangan Buru-buru Ganti Baterai Laptop

Jika kamu menginstal windows 7 sebagai OS di laptopmu, mungkin kamu pernah mendapatkan pemberitahuan "consider replacing your battery" yang artinya kurang lebih mengatakan kalo baterai laptop kamu udah saatnya diganti. *Nah lo??* Kalo belum pernah, tunggu aja, cepat atau lambat pasti nongol tuh notifikasi.. :D
Biasanya pesan ini juga disertai dengan munculnya tanda silang merah di ikon baterai yang ada di system tray.
Dan juga laptop yang ga bisa nyala tanpa dicolokin listrik.. *waduhh, tambah serem aja*

Trus gimana nih? apa baterenya bener2 rusak? kudu diganti dong?? pasti mahal.. padahal lg ga da duit.. tanggal tua pula.. kiriman belum dateng.. utang di warung aja belum pd lunas.. *Lho, kok malah curhat??*
Hehehe.. tenang aja, ga usah panik. Tarik napas dalem2, keluarin lewat mulut.. huuooooossh.. wkwkwkwkwk..
Berikut ini saya sertakan tips2 untuk mengatasi daripada masalah yang telah disebutkan di atas, bahwasannya langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.. cekidot..
  • pertama charge batre laptop kamu sampe full banget (99% - 100%), setelah itu matikan laptopnya (charger jangan dicabut dulu)
  • Hidupkan laptop kamu sambil menekan F8 berulang-ulang sampai muncul menu Advanced Boot Options. Terus pilih Safe Mode.
  • Setelah laptop nyala dan udah masuk ke Windows Safe Mode, barulah cabut charger baterai laptop kamu
  • Biarin aja laptop nyala sampai mati sendiri karena baterainya benar-benar habis. Ga usah diapa-apain dan ga usah njalanin program apa-apa
  • Setelah mati, colokin lagi charger-nya terus dinyalain laptopnya. Insya Alloh semua kembali normal seperti sedia kala. Notifikasi “consider replacing your battery” dan tanda silang merah di icon baterai tidak muncul lagi.
  • Alhamdulillah.. :)
Mungkin kamu bingun n penasaran, kenapa kejadian seperti ini bisa terjadi. Berikut ini penjelasan yang saya kutip dari salah satu artikel yang saya baca:
Perlu diketahui bahwa notifikasi ini muncul ketika Windows 7 mendeteksi bahwa kapasitas baterai laptop Anda sudah kurang dari 40% kapasitas seharusnya, dan karenanya sudah selayaknya diganti. Namun demikian, sudah banyak laporan dari pengguna Windows 7 di berbagai pelosok dunia yang menyatakan bahwa kadangkala Windows 7 salah dalam mendeteksi kapasitas baterai laptop. Bahkan pernah ada seorang pengguna yang sudah mengganti baterai laptopnya dengan yang baru namun masih tetap mendapatkan notifikasi ini.
Okelah cukup sekian.. semoga bermanfaat.. :)

1 comment: